Home » » Entity Relationship Diagram (ERD)

Entity Relationship Diagram (ERD)

CYBERHOLIC BLOG - Di kesempatan ini saya akan berbagi sebuah materi tentang Database. Kebetulan juga saya sedang belajar materi Sistem Basis Data atau Database di sekolah. Jadi, saya sempatkan untuk membagi apa yang saya tahu kepada anda. Untuk itu, silahkan simak baik-baik pengetahuan tentang ERD yang saya bagikan kali ini.

Pengertian Entity Relationship Diagram

Dari beberapa poin tadi, bisa disimpulkan bahwa Entity Relationship Diagram adalah sebuah hubungan antar entity atau obyek-obyek dasar yang divisualkan dengan diagram. Dalam ERD atau Entity Relationship Diagram juga diterapkan penggunaan simbol yang menggambarkan 3 informasi diantaranya : 
Dalam sistem Entity Relationship Diagram (ERD), terdapat beberapa istilah penting diantaranya :
1.    Entitas
Enititas atau Entity merupakan suatu objek yang mewakili sesuatu hal yang nyata. Dapat dibedakan satu dengan lainnya. Contoh Entitas adalah Siswa, Guru, Pegawai, Buku, Barang, Pelanggan dan lainnya.
2.    Atribut
Atribut merupakan sebuah sub-bagian dari entitas. Misalnya terdapat entitas Buku dengan atribut Judul , Penulis , Penerbit , ISBN. Atau entitas Siswa dengan atribut Nama , NIS , Alamat , Tempat / Tanggal Lahir dan beberapa atribut lainnya. Istilah lain atribut adalah Field.
3.    Relasi
Istilah selanjutnya adalah Relasi. Relasi atau Relation adalah hubungan antara dua atau lebih entitas yang saling berkaitan. Misalnya, Entitas Barang dengan Distributor. Kedua Entitas ini dihubungkan dengan relasi “dipasok”. Artinya Barang dipasok oleh Distributor dan Distributor memasok Barang. Barang memiliki atribut Jenis , Satuan, Harga. Begitu pula dengan Distributor, memiliki atribut Nama dan Alamat.


Dalam keadaan tertentu, tidak hanya Entitas yang diberi atribut. Relasi juga dapat diberikan atribut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh berikut.

Bentuk-Bentuk Relasi

Pada ERD, terdapat beberapa bentuk relasi yang dapat terjadi antar entitas. Bentuk-bentuk relasi tersebut diantaranya :
1)    Relasi One-to-One
Relasi ini menunjukkan setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan tepat satu entitas pada himpunan entitas B atau sebaliknya. Relasi ini mirip dengan Korespodensi Satu-Satu pada materi Matematika.
Contoh : 1 Pria menikahi 1 wanita
2)    Relasi One-to-Many
Relasi ini menunjukkan bahwa setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan banyak entitas dalam himpunan entitas B.
Contoh : 1 Pemain Bulutangkis memiliki beberapa raket
3)    Relasi Many-to-One
Relasi ini menunjukkan bahwa banyak entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan satu entitas dalam himpunan entitas B.
Contoh : 1 Bus ditumpangi beberapa orang
4)    Relasi Many-to-Many
Relasi ini menunjukkan bahwa setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan banyak entitas dalam himpunan entitas B. Dan setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan banyak dengan banyak entitas pada himpunan entitas A. Relasi ini merupakan gabungan relasi One-to-Many dengan Many-to-One.
Contoh : 1 Guru mengajar banyak siswa dan satu siswa diajar banyak guru.

Membuat Entity Relationship Diagram (ERD)

Dalam membuat ERD yang baik, kita juga harus membuat diagram secara logika, praktis dan agar mudah dipahami. Untuk menciptakan hal itu, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Menentukan entitas yang terlibat dalam sistem database tersebut 
  2. Menentukan relasi antar entitas
  3. Menggambar ERD Sementara
  4. Menganalisis ERD 
  5. Menyempurnakan ERD 
Sekian materi tentang "Entity Relationship Diagram" dari saya. Bila ada ilmu baru lagi, akan segera saya bagikan :). Rajin-rajinlah berkunjung kesini!.

3 comments:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai entity relationship diagram , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5563/1/Jurnal%20Skripsi.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. WOW , referensi yg bagus ...
      thanks for share :D
      and also thanks for visit...

      Delete
    2. halo mbak bisa kirim lagi filenya? :)

      Delete

English Spain Dutch German Russian Portuguese Korean Japanese